Minggu, 21 Juni 2015

Memajukan UKM bersama Tokopedia



Sabtu, 30 Mei 2015, saya menghadiri undangan Temu Blogger Tokopedia yang diadakan di Sarinah, Thamrin, Jakarta Pusat. Saya mendaftar melalui Kumpulan Emak-emak Blogger  (KEB) dan itu pertama kalinya saya datang ke acara Blogger atas nama KEB. Sudah lama sebenarnya saya mau ikut acara-acara blogger gathering, tapi ada syaratnya: harus akhir pekan dan lokasinya mudah dijangkau. Hari kerja, saya nggak bisa ke mana-mana karena harus menunggui anak-anak. Maklum, nggak punya pengasuh anak. Lokasinya juga harus mudah dijangkau, karena saya suka nyasar *nyasar kok suka. Kebetulan acara Temu Blogger Tokopedia itu diadakan di dekat kantor suami saya, jadi saya sudah tahu rutenya, hihihi….


Disambut dengan Goodiebag
Alhamdulillah, di sana saya bisa ketemu dengan Emak-emak Blogger yang selama ini hanya saya sambangi blognya. Beberapa saya sapa, lainnya nggak saya sapa karena takut salah. Ada untungnya juga lho kalau sering memajang foto wajah kita di facebook dan blog, pas kopdar gitu, saya lebih mudah mengenali dan menyapa. Emak-emak blogger yang saya sapa duluan, diantaranya: Lidya Fitrian, Evrina Budiastuti, Caroline Adenan, Bunda Yati Rachmat, Melly Feyadin, Suriya Riza (Echa), dan lain-lain. Ada juga yang ragu-ragu mau saya sapa, seperti Mak Ermayani Novia dan Mia Fauzia. Duo emak itu saya liatin  terus, tapi ragu mau menyapa hihihi…. Takut salah orang. 

Foto milik: Arin Murtiyarini
“Sudah cek Tokopedia?”

Ingat nggak iklan itu? Iklannya familiar banget di teve lho. Yap, Tokopedia adalah salah satu Online Market Place di Indonesia, semacam pasar online tempat kumpul para penjual online. Visinya adalah membangun Indonesia yang lebih baik melalui internet. Seperti yang kita ketahui, saat ini E-Commerce di Indonesia telah semakin berkembang seiring dengan meluasnya pemakaian internet. Transaksi jual  beli pun bisa dilakukan melalui internet. Nah, Tokopedia ingin menjembatani transaksi jual beli itu, terutama menjadi wadah bagi para pengusaha UKM  (Usaha Kecil Menengah) agar produknya semakin dikenal di seantero Indonesia, bahkan dunia. Coba kalau hanya dijual di toko fisik, ya hanya warga di sekitar toko itu yang beli, kan?

Banyak dapat ilmu di sini

Dari acara ini, saya jadi tahu bahwa pemakaian domain pribadi itu untuk meningkatkan kepercayaan pembaca terhadap tulisan di blog kita. Dipikir-pikir ada benernya juga ya. Kalau lagi googling, nyari info ini itu, saya sendiri lebih percaya informasi dari blog berbayar daripada blog gratisan.


Testimoni blogger yang bekerjasama dengan Tokopedia
Wah, senengnya ikut acara kayak gini, karena memperbanyak ilmu dan kesempatan memperoleh penghasilan dari ngeblog. Pulangnya, ditraktir minum kopi pula sama Mak Nunung Yuni, dan kongko-kongko bareng Mbak Arin Murtiyarini juga. Serasa me time ala emak-emak. Mudah-mudahan kapan-kapan saya bisa ikut acara kayak gini lagi, aamiin…. Yuk, semangat ngeblog!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar